Senin, 09 Februari 2009

Pemilihan perusahaan advertising- Dimata Client

Jantung dari advertising adalah kreatif.Makabiasanya patokan yang paling penting adalahkreatif.kemudian baru media,client service,dan finance.Tidak penting apa jabatan dikartu namatapi yang diharapkan adalah tim kreatif yangmempunyai skill dan pengetahuan.jadi bukan sekedarkomunikasi.Sehingga iklan-iklanya tidak hanya kreatiftetapi menjualBagi perusahaan advertising tuntutan kreatifitasdan tuntutan harga yang sangat kompetitif semakindi tuntut oleh para pengguna ( perusahaan ) advertising.ini terlihat dari banyaknya perusahaan advertisingyang tumbuh di indonesia,baik dari dalam negeri maupundari luar negeri.Tapi, perusahaan yang bagaimana yangakan bertahan dan perusahaan yang seperi apa yang akhirnyakandas di tengah jalan.Berikut ini akan kita jabarkankemauan dari para pengguna advertising dalam halmemilih perusahaan advertising untuk memasarkanproduknya.Kriteria dalam memilih perusahaan periklanan ( Advertising )------------------------------------------------------------1.memiliki ide,kreatifitas dan konsep yang kuatkebanyakan perusahaan mencari advertising yangpertama kali dilihat adalah ide,kreatifitas dankonsep yang akan digunakan.2.Strategi kampanye yang akan disampaikan3.Tarif yang kompetitif4.Kemampuan Financialnya besar ( apabila budgetnya besar)5.Ahli dalam perencanaan6.Analisa pembelian media yang optimal7.mempunyai team yang berpengalaman8.Memiliki jaringan yang luas9.Pengembangan brand personalitybrand personality adalah membangunan brand yang mengarahke consumer view dan bukannya ke competitor view.Sehingga produk akan melekat dibenak konsumen.10.Sering mendapatkan penghargaanPitching agency advertising---------------------------Pitching adalah pemilihan perusahaan advertisingoleh pengiklan melalui proses presentasi dan show reel.karena semakin banyak perusahaan advertising di indonesiaterutama di jakarta,maka para perusahaan yang ingin mengiklankansering melakukan piching untuk menentukan advertising manayang akan di tunjuk untuk dapat memasarkan produk-produk mereka.advertising yang di pilih biasanya harus mempunyai tujuanyang sama.Tujuan yang utamanya adalah membantu perusahaan dalammembantu peningkatan penjualan.Jadi kalau target penjualan tercapai,maka pihak advertising juga akan ikut menikmati.Tetapi kalau tidak,maka mereka juga harus ikut bertanggung jawab .Proses Pitching---------------Dalam setiap perusahaan yang melakukan pitching biasanyaberbeda-beda.Namun pada dasarnya proses pitching tujuannyaadalah sama yaitu mencari perusahaan advertising yang kompetendalam Pemasaran produk.misalnya saja,salah satu perusahaan kecantikan mengeluarkanproduk baru.Maka perusahaan akan melakukan proses pitchinguntuk mendapatkan perusahaan advertising yang cocok.Proses pitching biasanya dilakukan sebagai berikut :1.Perusahaan mengundang Semua perusahaan advertising,kecuali advertising yang sudah memegang produk pesaing.Perusahaan agency advertising yang baru juga di undang.2.Biasanya semua perusahaan advertising itu membawa companyprofile dan portfolio yang didalamnya terdapat contoh-contohiklan yang pernah di kerjakan.3.untuk agency yang baru,biasanya akan dilihat track record-nyalalu dilihat juga daftar clientnya.4.Dari banyak advertising yang mendaftar,maka biasanya adapemanggilan ulang yang telah memenuhi kriteria,dan biasanyahanya beberapa saja yang di panggil.ini biasanya dapatdihitung oleh jari.( biasa bayangkan dari 300 perusahaanadvertising tapi yang akan di panggil cuma 8 perusahaanadvertising).dari 8 perusahaan tadi biasanya terdiri dari 6 perusahaanadvertising lama dan 2 advertising yang baru.wow,Persaingan memangsangat kompetitif!!!5. 8 advertising tadi diundang untuk datang dan akan menerimabrief.Ini di harapkan masing-masing advertising memperolehinformasi yang sama.Setelah itu akan diberi jangka waktu untukmenyiapkan presentasi ( biasanya waktu yang diberikan antara 3minggu - 1 bulan ).6.Setelah itu ke 8 advertising tadi di berikan kesempatan untukpresentasi( credential presentation ) dan show reel.Biasanya hasil dari pitching ini akan di nilai oleh banyakorang,bukan cuma dari 1 atau 2 orang.Penilaiannya akan dilihatdari sisi emosional,ketertarikan ( interesting ) dan mudahdimengerti ( simpel ).7.Finaldi tingkat final ini,mereka akan diberikan kesempatanuntuk presentasi kreatif.Biasanya mereka membawa3 pilihan iklan atau lebih ( tetapi mereka harus memilihsatu yang terbaik untuk dipresentasikan ).setelah presentasi,maka akan di pilih menjadi satu.begitulah tadi biasanya proses pitching yang sering diselenggarakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar